Mengintip Kekuatan The Reds “LIVERPOOL” 2018/2019

berita bola indonesia

Penambahan kekuatan dalam skuat utama Liverpool mengundang banyak perhatian semua pihak, terutama pada awal musim panas ini. Kinerja manajemen The Reds membawa hasil dengan datangnya empat pemain senior: Satu di antara kesepakatan tersebut memang telah dilakukan pada musim lalu, sementara satu transaksi lain sempat menjadi pembelian termahal untuk penjaga gawang. Meski pembelian tidak melulu menjadi patokan secara pasti dalam sebuah musim kompetisi, usaha Direktur Olahraga Michael Edwards dan pelatih Juergen Klopp untuk memperdalam kekuatan tim memancing komentar dari para pesaing. Sebagai pelatih kepala dari salah satu tim rival besar dari Liverpool, komentar pelatih Manchester United, Jose Mourinho, mungkin yang paling tajam di benak para suporter kedua klub. Pria asal Portugal mengeluhkan timnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan banyak pemain dengan banderol mahal juga reputasi besar selain gelandang asal Brazil, Fred. Ia menyebut tim lawan melakukan investasi besar dengan membeli siapa saja dengan harga berapa saja untuk bersiap menghadapi persaingan di papan atas Liga Primer.

berita bola indonesia
Memang, tiga pembelian klub asal wilayah Merseyside berada di kisaran harga 40 juta paun atau lebih. Meskipun, pembelian mereka juga terbilang tepat dengan turut menyediakan alternatif berkualitas di lini serang dengan kedatangan Xherdan Shaqiri dari Stoke City. Pemain timnas Swiss bahkan didatangkan dengan harga tidak sampai seperempat besaran uang yang harus dikeluarkan untuk memiliki kiper Alisson. Pembenahan kekuatan finalis Liga Champions musim lalu ini, seolah menjadi penebal kekhawatiran pelatih tim Manchester City Josep Guardiola. Pep, sapaan akrab pelatih asal Spanyol itu telah memperhitungkan kubu Liverpool sebagai salah satu pesaing besar di papan atas. Meski mengakhiri musim dengan koleksi 25 angka lebih banyak, The Citizens seakan memiliki urusan tidak tuntas dengan mereka. Liverpool jadi satu dari dua tim yang mampu memberikan kekalahan bagi tim asuhan Guardiola selama musim penuh dominasi di 2017/18 lalu.

Liverpool diharapkan bisa menjadi penantang paling menyulitkan bagi sang petahana menuju dimulainya musim baru. Menariknya, Jordan Henderson dan rekan setim akan menjamu salah satu tim dengan reputasi hampir serupa di bursa transfer musim panas kali ini. Total transaksi sebesar 170 juta pound lebih ditunaikan oleh The Anfield Gank memang hampir dua kali lebih banyak daripada jumlah ongkos transfer West Ham United sepanjang musim panas. Namun, pelatih baru Manuel Pellegrini memiliki kesempatan sebaliknya untuk mendatangkan dua kali lipat jumlah pemain dari hasil belanja Liverpool. Terbaru, mereka sukses mendatangkan penyerang Lucas Perez dari Arsenal, sementara rumor kedatangan Nabil Fekir tidak berhasil diwujudkan Edwards bersama timnya meski sempat santer di pengujung batas akhir pembelian pemain pada kamis (9/8) malam waktu setempat.